Rabu, 18 Januari 2012

milist


 Pengertian Milis
Milis (bahasa inggris: mailing list) adalah grup diskusi di Internet di mana setiap orang bisa berlangganan dan berikutserta didalamnya. Anggota milis dapat membaca surat dari orang lain dan kemudian mengirimkan balasannya. Secara sederhana, milis adalah sebuah daftar alamat surat elektronik yang mempunyai kesukaan/kepentingan yang sama.
Saat seseorang mengirimkan surat yang kemudian dikirimkan ke semua orang yang terdapat di dalam daftar, penerima pesan memiliki kebebasan untuk membalas topik diskusi tersebut atau tidak.
Setiap kali ada orang membalas sebuah surat, surat tersebut disalurkan ke setiap kotak surat masing masing orang yang terdapat di dalam daftar. Semua proses ini diatur oleh sebuah program yang dinamakan Mailing  List Manager (MLM's) atau Mail Servers.

CARA MEMBUAT MILIS MAILING LIST DI YAHOO GROUPS

Anda harus memiliki email Yahoo terlebih dahulu.

1. Masuk/login ke akun email Yahoo anda di mail.yahoo.com
2. Kunjungi groups.yahoo.com -> klik Start your group (kanan atas)
3. Di "Browse Group Categories" -> Pilih kategori. Contoh, pilih Regional -> Countries -> Indonesia
4. Klik "Place My Group Here"
5. Group Name -> Beri nama. Contoh: osis al-khoirot
6. Enter Your Group Email Address -> buat alamat email group (bukan email Yahoo Anda). Harus sambung semua. Nantinya, alamatnya akan seperti ini: contoh@yahoogroups.com.
Contoh, osis-alkhoirot
7. Describe Your Group -> beri deskripsi group Anda.
8. Klik Continue (bawah kanan)
9. Pilih email Yahoo! yang akan menjadi owner group -> isi verifikasi kata -> klik Continue (bawah kanan).
10, Ada pesan Congratulations! Berarti proses membuat group selesai.
Sekarang Anda dapat menyetel/settings group yang baru dibuat. Apakah akan dibikin terbuka, tertutup atau semi-tertutup, dst.


CARA MEMBUAT MILIS MAILING LIST DI GOOGLE GROUPS

Google Group tidak sepopuler Yahoo Groups. Maklum, Google Group memang dibuat belakangan dibanding Yahoo Groups. Untuk membuat milis di Google Groups, Anda harus memiliki email Gmail terlebih dahulu.

1. Masuk/login ke akun email Gmail anda di gmail.com
2. Kunjungi groups.google.com -> klik Create ->
3. Name your group -> isi nama group. Contoh, OSIS MTS MA Al-Khoirot Malang
4. Create a group email address -> buat nama email group. Contoh osisalkhoirot (harus sambung semua).
5. Write a group description -> tulis deskripsi grup yang akan dibuat. Contoh, Forum komunikasi antara anggota OSIS MTS MA AL-KHOIROT MALANG.
6. Klik Create My Group (bawah) -> isi verifikasi kata.
7. Klik Create my group.
8, Anda disuruh meng-invite member -> klik Skip this step
9. Selesai.
CARA MEMBUAT MILIS DI WINDOWS LIVE GROUPS
Tidak banyak yang tahu bahwa Windows Live juga menyediakan layanan gratis milis mailing list. Berikut cara membuatnya:

1. Masuk/login ke Windows Live di login.live.com dengan username email dan password.
2. Klik ikon Windows Live (kiri atas) -> klik All Services
3. Klik Groups (kanan tengah)
4. Klik Create Group (bawah)
5. Name your group -> beri nama group milis Anda. Contoh Ponpes Al-Khoirot Malang.
6. Pada kotak bawahnya, tulis nama alamat URL (harus nyambung semua). Contoh, alkhoirot
7. Klik Check Availability ->
8. Kalau Available (belum ada yang pakai) -> klik Create
9. Selesai. (lihat gambar bawah, klik untuk memperbesar).

Contoh alamat email group: alkhoirot@groups.live.com
Contoh alamat url group: https://groups.live.com/alkhoirot

Silahkan melakukan settings/setelan yang sesuai dengan tujuan Anda. Dan mulai mengundang/invite teman-teman di organisasi Anda.

Cara join grup mailing list yahoo
Selain fitur mail, website yang memiliki fasilitas email juga menyediakan forum-forum diskusi dan tukar informasi yang dikenal dengan istilah mailing list. Pada yahoo, mailing list-nya terdapat pada yahoogroups. Syaratnya anda harus memiliki account mail yahoo terlebih dahulu. Bagaimana cara joinnya (how to joint a group in yahoo), berikut caranya:
  1. Ketik http://groups.yahoo.com/ pada browser anda dan enter.
    Kemudian pada kotak isian ‘Find a Yahoo! Group’ ketikkan nama mailing list yang ingin anda ikuti, jika anda masih ingin melihat-lihat dulu apa, anda bisa ketik sembarang kata. Mesin pencari akan mencari dan memperlihatkan kepada anda semua mailing list yang berisi kata-kata sesuai dengan kata apa yang telah anda masukkan dalam kotak isian tersebut.
  2. Jika anda sudah menemukan mailinglist yang ingin anda ikuti, klik pada nama mailinglist tersebut dan tunggu sampai yahoogroup membuka halaman deskripsi tentang mailinglist tersebut.
  3. Jika anda ingin join ke mailinglist tersebut, klik ‘Join This Group!’, biasanya tombol ini berada di bagian bawah.
  4. Namun jika anda ingin mencari yang lain maka klik tombol ‘back’ pada browser anda untuk kembali pada halaman sebelumnya yang menunjukkan daftar mailinglist.
  5. Setelah mengklik tombol ‘Join This Group!’ anda akan masuk pada halaman sign in to yahoo, ketikkan yahoo ID dan password anda. Setelah proses sign in, anda akan masuk ke halaman untuk ‘Join This Group’. Pada halaman ini anda di haruskan mengikuti steps (langkah-langkah) sebelum anda join.  Pertama, isi kolom ‘Comment to Owner’ yaitu komentar kenapa anda join grup ini. Kedua, pada ‘Message Delivery’ pilih Individual Email, ada pilihan lainnya tetapi anda bisa ganti setelah join. Ketiga, pada ‘Message Preference’, pilih Fully Featured. Keempat, isi kolom text kosong di bawahnya mengikuti contoh text yang ada (biasanya bentuk tulisannya agak ruwet/acak susunan maupun bentuk font-nya). Jika text-nya tidak jelas terbaca klik ‘click here’ untuk mengacak dan menampilkan text yang baru. Biasanya jika anda salah mengetikkan huruf, maka anda akan diminta memasukkan text baru. Kelima, klik tombol ‘join’.
  6. Lalu anda akan masuk ke halaman ‘Membership Pending’, ini menunggu konfirmasi dari pemilik mailing list, apakah anda diijinkan masuk atau tidak. Klik ‘Back to Yahoo! Groups Home Page’ untuk kembali ke halaman induk. Coba cek mail anda dengan menekan tombol/tulisan ‘Mail’ di bagian atas kiri (biasanya tulisannya kecil) pengecekan diperlukan untuk mengetahui apakah sudah ada mail dari pemilik (moderator) grup mailing list tersebut. Jika belum ada jawaban,  mungkin orangnya masih di luar jalan-jalan.. :)jadi sign out saja jika anda tidak ingin menunggu. Jika mau menunggu, sering-seringlah me-refresh halaman.
Cara lain untuk join (jika anda sudah mengetahui nama mailinglist tersebut) yaitu dengan mengirim halaman kosong ke alamat mailinglist tersebut, caranya:
Klik ‘Compose’, lalu pada kolom isian teratas yaitu tujuan surat (‘To’) ketikkan nama mailing list yang ingin anda ikuti, contoh : spedabalap@yahoogroups.com. Kosongkan saja isinya mail-nya, lalu klik tombol ‘send’ dibagian kiri bawah.
Sama seperti cara pertama, tunggulah mail selamat datang dari pemilik/moderator group mailing list. Selamat menunggu, biasanya anda akan diterima karena mereka sendiri ingin memperbanyak member.
Membuat Group
Berikut ini, saya akan mencoba menuliskan langkah sederhana dalam membuat sebuah grup MILIS (Mailing List)dari google dengan nama grup milis yaitu
Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka browser kesayangan anda, misalnya mozilla.com
2. Kemudian kunjungi situs Google.co.id
3. Lihat di bagian atas, terdapat menu utama google, lalu sobat klik menu Selengkapnya, kemudian klik GRUP
4. Setelah muncul Google groups, lakukan LogIn/masuk ke akun anda (lihat gambar bawah)
5. Masukkan Username/nama pengguna/email anda dan juga password/sandi ke tempat yg disediakan, lalu klik Masuk/login
6. Klik Buat Grup
7. Isi Biodata Milis sesuai dengan yang anda inginkan dan klik Buat Grup Saya
8. Masukkan kode Verifikasi yang berwarna Hijau ke kotak bawahnya, lalau klik Buat Grup Saya
9. Undang anggota untuk bergabung di milis grup, dengan cara ketik alamat email teman dan ketik pesan undangan (atau klik Abaikan langkah ini, jika anda tidak ingin mengundang sekarang)
10. Klik kunjungi grup baru anda, sekarang milis grup anda sudah jadi
11. Setelah masuk ke beranda, Klik "Mulai Topik Diskusi Baru" untuk membuat topik baru
12. Ketik Judul topik/tema yang akan dijadikan bahan diskusi dan ketik juga Isi pesannya, kemudian klik Poskan pesan. (pesan ini akan dikirim secara massal ke semua anggota)
13. Pesan anda sudah dikirim ke Milis (klik kembali ke grup)
14. Setelah muncul beranda, maka Topik diskusi yang sobat buat sudah muncul.
15. Untuk membalas dan mulai berdiskusi melalui topik tersebut, klik pada Topik, kemudian balas, maka semua anggota akan mendapatkan balasan pesan tersebut.
16. Jika sudah selesai menggunakan, maka jangan lupa sobat untuk Log Out dari halaman milis, agar tidak digunakan oleh pihak lain yang tidak bertanggung jawab.
Cara Daftar Milis (Bag 1 + pendahuluan)
Mei 23, 2008 — arcanamaya
Malu rasanya jika saya harus kembali menjelaskan kembali apa itu milis, karena di era informasi seperti sekarang ini, semua orang pasti pernah mencoba yang namanya milis, YupZz.!! milis merupakan forum diskusi untuk saling berbagi informasi dan lain-lain,.
Walaupun demikian tidak ada salahnya jika kita review kembali cara-cara daftar milis, mengirim pesan kemilis, berhenti dari anggota milis, upload photo dan lain-lain, karena mungkin anda yang sedang membaca ini membutuhkan, baik itu bagi diri sendiri maupun orang lain,…
Ok kita mulai jangan terlalu banyak basa-basi..
Banyak cara untuk daftar kesebuah milis,. syarat yang paling utama adalah
anda memiliki account email, karena hampir seluruh kegiatan milis dilakukan melalui email..
Jika anda belum memiliki account email silahkan buat terlebih dahulu, sebagai panduan saya sertakan tutorial untuk mendaftar email di yahoo.com
Disini saya akan menjelaskan salah satu cara daftar milis yang paling gampang dan tidak perlu menunggu persetujuan dari moderator milis..
Langkah – langkah :
# Masuk ke situs yahoo groups (http://groups.yahoo.com). {dengan asumsi daftar menggunakan email yahoo}
# Cari milis yang akan diikuti, pada kotak pencarian masukan nama milis yang akan kita ikuti,.
dalam hal ini saya contohkan “alumniyaspida”
# Pilih milis dari jendela hasil pencarian, jika keyword yang kita masukan bersifat global, maka hasil pencarian memungkinkan lebih dari satu, selanjutnya kita pilih dan klik nama milis yang menurut kita benar..
# Klik Tombol Join…
untuk daftar kita tinggal klik tombol Join This Group!
# Login menggunakan account email, jendela login ini akan muncul jika sebelumnya kita belum melakuakan login.
- selanjutnya masukan email ID dan password
jika sebelumnya kita sudah login, maka langkah ini akan di skip..
# Masukan code Verifikasi, di jendela ini menyuguhkan beberapa informasi dan pengaturan dalam mengikuti milis tersebut.,jika tidak perlu langsung saja ke bagian terpenting yaitu memasukan kode verifikasi..Kotak kode biasanya ditampilkan dibagian bawah halaman, jika yakin sudah benar denga kodenya, klik tombol Join.
# Berhasil, jika pesan seperti pada gambar sudah terlihat, berarti proses pendaftaran sudah berhasil..
- Klik Continue untuk masuk ke milis..
Daftar milis dengan cara ini sangat mudah dan tidak memakan waktu, karena kita tidak perlu menunggu email balasan dari moderator milis..
OK untuk sementara Tutorial saya cukupkan sekian..
jika kurang jelas silahkan kirim pertanyaan ke tejaaroem@yahoo.co.id
Di tutorial selanjutnya InsyaAllah akan saya jelaskan cara mengupload photo dan file ke sebuah milis
Cara Mengirim Informasi ke Group Milis
Mengirim dan menjawab surat di mailing list
Mengirim surat yang ditujukan ke mailing list secara teknis sama caranya dengan
mengirimkan surat ke personal atau teman. Yang membedakan adalah alamat surat
ditujukan, jika ke mailing list maka harus mengetik namamilis@yahoogroups.com (nama milis
disini sesuai dengan milis yang akan anda kirim).
1. Buka compose atau kirim surat pada mail anda
2. Isi alamat mailing list pada kolom kepada atau to. Misalnya ketik airputih@yahoogroups.com. Setelah itu isikan topik dan isi pesan, kemudian tekan tombol kirim.
3. Mailing list server akan memberitahukan terkirim atau tidak setiap email.


0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons